Senin, 17 Desember 2018

3 Inovasi Alat Berteknologi Canggih Terbaru



Saat ini teknologi memang bisa dibilang sudah melekat dalam kehidupan manusia. Karena setiap hari bisa dipastikan kita melakukan aktifitas harian dengan bantuan teknologi. Hal simpel saja seperti mencuci pakaian, membersihkan rumah, hingga mandi.

Seiiring dengan berkembangnya zaman dan kebutuhan manusia, teknologi pun ikut berkembang dengan berbagai inovasinya. Saat ini banyak sekali inovasi-inovasi yang memanfatkan teknologi untuk membantu kehidupan manusia.

Dan saat ini sudah ada beberapa alat canggih yang telah diciptakan dengan inovasi teknologi. Dan juga untuk baru-baru ini ada 3 (tiga) inovasi teknologi berupa alat yang dapat membantu kehidupan manusia. Berikut ulasan dari ketiganya :


1. MESIN PELIPAT PAKAIAN



Bagi para ibu rumah tangga, menyetrika pakaian mungkin menjadi pekerjaan yang cukup melelahkan. Karena pekerjaan ini harus dilakukan secara manual dan belum lagi banyaknya jumlah pakaian yang harus disetrika dan dilipat satu per satu.

Tetapi pada zaman yang semakin modern ini kalian terutama para ibu rumah tangga tak perlu khawatir lagi, karena telah ada mesin yang bisa menyetrika, mengeringkan dan melipat pakaian secara otomatis.

FoldiMate

Mesin itu bernama FoldiMate, mesin ini sudah mulai dipasarkan pada tahun ini. Selain bisa melipat pakaian, mesin ini juga bisa melicinkan baju secara otomatis. Mesin ini dibuat oleh perusahaan startup asal Amerika Serikat.

Foldimate diluncurkan di kota San Fracisco, negara bagian California. Nama perusahaan yang membuatnya adalah FoldiMate. Dan mesin setrika otomatis yang dibuat ini sama dengan nama perusahaannya yaitu Mesin Foldimate.

Mesin ini terdiri dari sabuk berjalan, beberapa lengan robot, dan nampan. Fungsi nampan untuk mendorong keluar pakaian yang sudah siap dan terlipat. Ukuran perangkat ini setinggi 81 cm, lebar 71 cm, dan berat 29,5 kg.

Foldimate disebut-sebut sebagai alat yang berukuran kecil untuk ditempatkan di sebuah ruangan yang cukup sempit. Dengan ukuran bentuknya yang kecil, maka mesin ini dengan mudah dipindahkan ke ruangan atau tempat lain. 


Perusahaan menyediakan aksesori berupa meja dengan roda agar perangkat ini dapat dengan mudah dibawa kemana pun.

Harga Mesin FoldiMate

Harga mesin penyetrika dan pelipat baju secara otomatis ini dibandrol dengan kisaran US$9 hingga US$990. Jika di rupiahkan, harga mesin setrika atomatis ini sekitar Rp 12 juta sampai Rp 13 jutaan. 

Jika kalian ingin membelinya, saat ini perusahaan FoldiMate sudah menerima pesanan melalui situs web mereka.


2. SMARTSHOES



Tak hanya smartphone, smartwatch, ataupun produk smart lainnya saja yang muncul. Kali ini produk teknologi berlabel smart juga muncul dalam bentuk sepatu atau disebut dengan smartshoes

Sepatu ini dilengkapi dengan teknologi yang dapat menghitung langkah, menjaga kaki tetap hangat dan menyebarkan berat saat kamu berjalan dan berlari sehingga tubuh seimbang.

Bahan atau material yang terdapat pada sepatu pintar ini adalah bahan yang dapat membuat udara bisa masuk kedalam sepatu agar kita tidak berkeringat atau membuat sepatu jadi bau. 

Atau bisa disebut sepatu pintar ini juga memiliki sirkulasi udara yang canggih, keren kan ?

Xiaomi Mijia Smartshoes

Xiaomi mijia smart shoes ini dibekali oleh sensor buatan Intel yaitu berupa sebuah Intelligent Chips.  Chips inilah yang menjadi sumber kepintarannya. 

Chips ini akan mengirimkan berbagai laporan penting seputar kegiatan olahraga penggunanya yang bisa di koneksikan ke smartphone Android maupun iOS dengan menggunakan aplikasi MIFit.

Dalam aplikasi MiFit, kita bisa memonitor berbagai aktivitas yang sudah dilakukan ketika telah menggunakan sepatu pintar ini, seperti menerima laporan jarak tempuh saat berlari, kecepatan lari , hingga seberapa banyak kalori yang berhasil dibakar.

Fitur

Berbicara mengenai Chips pada sepatu pintar Xiaomi ini dibekali dengan baterai jenis Lithium dan bersifat waterproof atau tahan terhadap air. 

Jadi ketika kita sedang menggunakannya lalu secara tiba-tiba turun hujan, maka kita tak perlu khawatir karena chips ini tak akan rusak.

Sepatu pintar Xiaomi dirancang khusus hasil kerjasama dengan Intel yang memiliki daya tahan baterai hingga 60 hari dan dapat melacak gerakan pengguna mulai dari berjalan, berlari, hingga memanjat.

Harga

Setelah digunakan untuk beraktivitas, pengguna akan mendapatkan laporan jarak tempuh, kecepatan dan kalori tubuhnya yang telah terbakar. Sepatu yang sudah bisa dipesan di pasaran China itu dibanderol antara 44 s/d 60 dolar AS atau setara Rp572 ribu.



3. TOPI ANTI KANTUK



Keselamatan harus menjadi prioritas utama dalam berkendara oleh semua orang. Untuk itu, para pengemudi sangat dianjurkan untuk menyiapkan beberapa hal penting sebelum mulai berkendara.

Misalnya menyiapkan helm dan memakai sarung tangan untuk motor, memasang sabuk pengaman ketika menaiki mobil, serta mengecek keadaan mesin dan ban kendaraan. 

Hal-hal sederhana tersebut perlu dilakukan supir maupun penumpang suatu kendaraan agar keselamatan mereka tetap terjaga di sepanjang perjalanan.

Salah satu penyebab utama terjadinya suatu kecelakaan adalah rasa kantuk yang dialami oleh pengemudi. Supir atau pengemudi tentu harus berkonsentrasi penuh pada kendaraan yang ia kemudikan.

Ketika diserang rasa kantuk, para supir tentu tidak mampu berkonsentrasi penuh serta tidak awas terhadap keadaan jalan yang dilaluinya. 

Mereka tentu tidak fokus memperhatikan hal-hal di jalan. Hal ini tentu saja dapat membahayakan keselamatan dirinya sendiri serta penumpangnya. Maka dari itu, para pengemudi kendaraan harus bisa menghilangkan dan mencegah rasa kantuk saat berkendara. 

Biasanya dengan cara  meminum kopi atau beristirahat terlebih dahulu. Namun baru-baru ini perusahaan Ford mengeluarkan produk terbaru bagi pengendara yang sering mengantuk saat mengemudi. 

Mereka mengeluarkan topi canggih yang dapat mengusir kantuk bernama Safecap. Topi canggih ini didesain khusus untuk membuat para pemakainya tetap terbangun selama berkendara.

Berikut videonya :





Demikianlah ulasan mengenai 3 Inovasi Alat Berteknologi Canggih Terbaru. Ketiga inovasi tersebut semoga dapat membantu aktifitas manusia dan dengan kemunculan alat-alat tersebut semoga juga dapat memicu inovasi-inovasi teknologi canggih yang bermanfaat lainnya.

Load disqus comments

0 komentar