Sabtu, 13 Oktober 2018

Cara Membuat Formasi dan Strategi Futsal di Android


Futsal merupakan olahraga yang menyerupai sepakbola namun dimainkan oleh dua tim beranggotakan lima melawan lima pemain yang dimainkan dilapangan berukuran panjang 25-42m dan lebar 18-25m dan dalam waktu 2x 20menit bersih (waktu terjeda jika bola mati).

Futsal saat ini merupakan salah satu olahraga yang sangat digemari oleh kalangan anak muda di Indonesia. Karena untuk memainkannya cukup dengan menyewa lapangan yang bisa dipastikan ada disebagian besar penjuru kota dan hanya membutuhkan 10 orang pemain.

Meskipun futsal bisa dibilang 'lebih kecil' dibandingkan dengan sepakbola. Namun olahraga ini sangat memerlukan strategi dan kecerdasan para pemainnya untuk cepat dalam mengambil keputusan. 

Dalam futsal strategi merupakan hal yang sangat penting. Dan juga strategi futsal sangatlah kompleks, namun sebenarnya simpel untuk dimainkan.

Untuk membuat strategi tim futsal yang kompleks ataupun mendetail tidak cukup hanya menggunakan cara biasa seperti dengan papan tulis, selembar kertas, ataupun mengandalkan arahan sang pelatih saja. Kita memerlukan papan taktik futsal khusus yang berharga ratusan ribu. 

Oleh karena itu, karena sebelumnya saya sudah membagikan bagaimana Cara Membuat Formasi Sepakbola di Android kali ini saya akan menshare bagaimana cara membuat formasi beserta strategi futsal hanya melalui ponsel android.

Untuk membuatnya kita membutuhkan aplikasibernama Futsal Board atau  Futsal Taktic Papan. Aplikasi tersebut adalah aplikasi android yang menyerupai papan taktik futsal sungguhan.

Bahkan karena berupa aplikasi kita dapat membuat taktik atau strategi lebih efisien dan efektif, seperti membuat animasi taktik, menambahkan arah pergerakan, dan lain sebagainnya.

Berikut langkah-langkah dan penjelasan fitur-fitur yang ada didalam aplikasinya :
1. Menambahkan Pemain




Yang kita harus lakukan pertama kali sudah pasti yaitu menambahkan pemain kita dan pemain lawan. 

Untuk menambahkannya, tap pada tool yang dilingkari merah pada gambar diatas untuk menambahkan pemain kita, pemain lawan dan juga bola untuk ditempatkan sesuai keiinginan kita. Kita juga dapat mengganti warna pemain dari kedua tim.


2. Menambahkan Strategi




Lalu pada tool yang dilingkari merah pada gambar diatas, kita dapat menambahkan berbagai 'arah' atau tanda pergerakan taktik pemain, pada deretan tool tersebut kita juga dapat menambahkan nama pemain. 

Tool ini sangat berguna jika kita akan membuat taktik hanya dalam bentuk gambar saja. Tanda atau simbol taktik yang tersedia, seperti arah panah, zonal, garis, dsb.


3. Membuat Animasi Taktik




Setelah itu, kita juga dapat membuat animasi sesuai keiinginan kita dengan menekan tool yang dilingkarari merah pada gambar diatas lalu menekan tool yang bertanda "+" untuk membuat animasi taktik pergerakan satu per satu. 

Kita juga dapat menyimpan animasi taktiknya dengan menekan tool bertanda 'tiga titik' dibagian kiri lalu pilh icon save/download. 

Fitur ini sangat berguna jika kita ingin membuat taktik futsal yang kompleks dan jelas. Setelah disave atau didownload, kita dapat  melihatnya digaleri atau membagikannya ke sosial media yang kita inginkan.


4. Menyimpan Taktik




Selanjutnya, setelah tadi kita dapat menyimpan taktik yang telah dibuat dalam bentuk animasi video. 

Kita juga dapat menyimpannya dalam bentuk foto. Caranya tekan tool yang dilingkari merah pada gambar diatas, lalu pilih icon save/download untuk menyimpannya.


Demikian kurang lebih cara membuat formasi dan strategi futsal di android dengan menggunakan aplikasi Futsal Board. 

Dengan membuat formasi dan strategi fustsal di aplikasi futsal board ini dapat membuat formasi dan strategi futsal tim kalian lebih efektif dan efisien.

Dan juga dengan menggunakan aplikasi ini dapat menghemat uang, karena kita tak perlu membeli papan taktik futsal sungguhan. 

Kalian dapat mengunduh aplikasinya langsung di Play Store maupun (DISINI)
Load disqus comments

0 komentar