Jumat, 14 Desember 2018

Pengguna Youtube di Android Sentuh Angka 5 Miliar


Youtube merupakan salah satu media di Internet terbesar saat ini. Bahkan beberapa waktu lalu ada jargon "Youtube lebih dari tv". Ya memang dapat dikatakan generasi saat ini lebih sering menonton
Youtube di gadget yang mereka miliki ketimbang menonton acara televisi di TV.

Hal itu karena pengguna Youtube dapat melihat video kapanpun dan dimanapun dengan hanya bermodalkan gadget dan kuota saja. Dan juga mereka dapat menonton video dari Youtube sesuka mereka tanpa adanya batasan jam tayang layaknya di tv.

Sejak dirilis pertana kali pada tahun 2005, Youtube terus berkembang pesat hingga akhirnya kini menjadi media terbesar untuk media konten video dan hiburan di Internet. Hal itu didukung pula oleh perkembangan pengguna Android yang semakin melonjak, pasalnya dalam smartphone Android sudah pasti terdapat aplikasi Youtube didalamnya.

5.000.000.000+ Install


Sehingga seluruh pengguna Android didunia pastinya mengakses aplikasi Youtube Android. Dan akhirnya kini Youtube telah sukses menyentuh angka 5 miliar pengguna yang terdaftar pada platform Android.

Tak ayal Youtube menjadi media untuk konten streaming video terbesar saat ini. Sebelumnya pada tahun lalu Google Play adalah aplikasi pertama yang berhasil menyentuh 5 miliar unduhan.

Meskipun banyak aplikasi yang bermunculan dengan fungsi yang serupa dengan Youtube, namun tampaknya dengan kesuksesan Youtube mencapai 5 miliar pegguna membuatnya sangat sulit tergantikan dengan aplikasi serupa.

Aplikasi serupa tersebut seperti Vimeo, Metacafe, Blip, dan lain sebagainnya. Namun sepertinya penikmat konten layanan streaming video didunia tetap tidak akan lepas dari Youtube terutama pada device Smartphone Android mereka.

Peran Youtube pada era modern ini memang benar-benar terasa terutama sejak sepuluh tahun terakhir dimana Youtube yang berada dibawah naungan Google ini juga memberikan banyak lapangan pekerjaan didunia.

Hal itu diperoleh lewat Google Adsense nya yang bisa diperoleh dengan verifikasi dari pihak Youtube dan Google itu sendiri, banyak kalangan yang diuntungkan dengan hal ini, dari Youtuber, Musisi, Vlogger, hingga pihak pengiklan itu sendiri.

Cara kerja Youtuber untuk mendapatkan uang secara simpelnya hampir sama dengan iklan di televisi. Jika iklan di tv ditampilkan secara terjadwal dan stasiun tv yang menampilkan iklan tersebut akan dibayar sesuai durasi iklannya.

Maka pada Youtube, seorang Youtuber juga akan dibayar dengan berdasarkan seberapa lama iklan yang tampil ditonton dan berapa banyak klik pada iklan yang tampil. Namun kebanyakan dari Youtubers besar tak hanya memperoleh uang dari Google Adsense saja. Mereka juga memperolehnya dari sponsor atau yang biasa disebut endorsement.

Maka dari itu tidaklah heran jika 5 miliar menjadi angka pembuktian bahwa keberadaan Youtube didunia adalah sosok yang lebih dari sekedar Aplikasi streaming video dan hiburan, namun juga sebagai sarana penghasil uang.

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak orang yang berlomba-lomba menjadi seorang Youtubers. Karena jika seseorang sukses menjadi Youtuber besar, maka uang yang dihasilkan dari adsense Youtube tersebut bisa menjadi sumber mata pencaharian mereka.

Tak heran kini banyak orang yang memilih menjadi full time Youtuber atau menjadikan Youtube sebagai pekerjaan tetap. Karena hasil dari seorang Youtubers yang memiliki subscribers dan penonton tetap hingga ratusan ribu diperkirakan ia memiliki penghasilan hingga puluhan juta rupiah per-bulannya.

Hal itu juga didukung pada jam tonton Youtube per harinya. Pada tahun 2017 lalu pengguna Youtube tercatat dalam seharinya dapat menonton setidaknya 1 miliyar jam video. Dan pastinya untuk tahun ini akan selalu meningkat. Maka hal ini juga menjadi alasan banyaknya orang yang ingin menjadi Youtuber.

Dengan suksesnya pencapaian Youtube mencapai 5 miliar pengguna pada platform Android tersebut merupakan hal yang sangat luar biasa dan pastinya melalui proses yang luar bisa pula sejak diluncurkan tiga belas tahun yang lalu.

Kesuksesan Youtube ini semoga dapat memberi dampak yang positif bagi semua kalangan dan dengan ini maka rasanya kita perlu untuk mengucapkan selamat kepada Youtube atas pencapainnya ini.

Congrats Youtube !
Load disqus comments

0 komentar