Senin, 01 April 2019

10 Cara Ampuh Mengatasi PES 2019 yang Lag



10 Cara Ampuh Mengatasi PES 2019 yang Lag - PES atau Pro evolution Soccer merupakan salah satu game sepakbola yang paling digemari didunia, terutama di Indonesia. PES banyak digemari pemain game sepakbola di Indonesia karena sudah terkenal dari dahulu bahwa PES merupakan game dengan syste minimum spesifikasi yang bisa dibilang cukup merakyat dibanding dengan kompetitornya yaitu FIFA.

PES pada seri-seri sebelumnya memang memiliki minimum requiqments (minimal spesifikasi yang dibutuhkan) yang bisa dibilang merakyat. Hal itu disebabkan karena game PES seri PES2018 kebawah masih menggunakan engine last-gen atau engine yang masih setara dengan game PES yang ada pada Playstation 3, namun sedikit disempurnakan.

Nah, untuk seri PES sekarang ini yaitu PES 2018 dan yang terbaru PES 2019 Konami sudah menggunakan engine next-gen atau engine yang setara dengan game PES yang terdapat pada Playstation 4 terbaru.

Dengan penggunaan engine next-gen ini tentunya membuat minimum requiqments dari game PES bertambah dan tak se-merakyat seri-seri PES sebelumnya. Hal itu tentunya membuat kalian yang memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi pas-pasan sedih karena tak ada harapan karena akan terjadi lag untuk memainkan game PES seri terbaru.


Ada banyak pemain PES yang tetap stay dengan PES 2017 yang minimum requiqments nya masih merakyat atau bahkan masih saya temui di forum-forum grup PES Indoneisa yang masih betah bermain PES 2013.

Dan ternyata juga banyak user PES yang mengalami lag, meskipun komponen PC atau laptopnya sudah memenuhi spesifikasi minimum. Padahal saya sendiri bisa memainkan seri PES terbaru yaitu PES 2019 dengan cukup lancar (Playable di 30FPS) di laptop jadul dengan spesifikasi dibawah ini yang notabene seharusnya untuk memainkan PES 2017 saja tidak kuat.


Namun dari pengalaman saya bermain PES di laptop dari seri PES 2013. Saya selalu mencari-cari cara bagaimana agar laptop dengan spesifikasi jadul dapat bermain game seperti PES ini. 

Maka dari itu kali ini saya akan membagikan 10 Cara Ampuh Mengatasi PES 2019 yang Lag. Kesepuluh cara ini sudah saya praktekkan dari seri PES 2013 dan dengan laptop yang berspesifikasi jauh lebih jadul atau untuk istilah saat ini yaitu spek kentang.

Dan selalu berhasil 100%. Jika kalian langsung ingin melihat cara yang paling manjur, silahkan langsung loncat saja ke poin nomor sepuluh. Namun saya sarankan kalian untuk membaca dan mempraktekkan kesepuluh cara ini agar hasilnya lebih maksimal


Berikut cara-caranya :


1. Advanced System Care

Aplikasi ini dapat membersihkan RAM dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di background. Hal ini dapat menambah ruang kosong RAM yang akan digunakan untuk menjalankan PES 2019. 

Jika kalian sudah menginstall aplikasi ini, kalian hanya perlu mengklik ikon sapu pada performance moniter advanced system care dipojok kanan atas dekstop kalian. Aplikasi ini banyak beredar digoogle, silahkan cari sendiri ya hehe. 


Penggunaan RAM dapat dioptimalkan hingga 20% lebih, dengan menklik ikon sapu pada performance monitor dipojok kanan atas dekstop

Sebenarnya kalian juga dapat menggunakan aplikasi lain yang kegunaannya sama yaitu mengoptimalkan penggunaan RAM, seperti Gamebooster, CCleaner, dan lain sebagainnya.


2. Hentikan Aplikasi yang Tak Terpakai

Setelah kalian menclean penggunaan RAM dengan menggunakan advnced system care. Selanjutnya kalian dapat menghentikan aplikasi yang tak terpakai dengan membuka task manager.

Kalian dapat membuka task manager dengan menekan Ctrl+Alt+Del atau dengan menklik kanan pada taskbar lalu pilih task manager.

klik kanan pada taskbar, pilih task manager

pilih aplikasi yang tak terpakai lalu klik dan tekan Del pada keyboard
Setelah itu pilih aplikasi yang sekiranya tak sedang dipakai seperti IDM, SMADAV, dsb. Dengan begini kapasitas RAM kalian akan semakin lega untuk menjalankan PES 2019.


3. Setting Daya Baterai

Setelah sebelumnya kita mengoptimalkan kapasitas RAM dengan menghentikan aplikasi-aplikasi yang tak terpakai.

Selanjutnya kalian harus menyetting daya baterai PC atau laptop kalian agar dapat menjalankan PES 2019 secara maksimal. Caranya klik kanan pada ikon baterai dibagian pojok kanan bawah taskbar, setelah itu pilih power options, kemudian pilih High Performance.


klik kanan pada ikon baterai , lalu pilih Power Options


ubah menjadi mode High Performance

Setelah mengubah power options baterai dengan mode ini, otomatis laptop kalian akan mengerahkan daya maksimal baterainya untuk menjalankan PES2019. Namun kekurangannya adalah daya baterai laptop akan sangat mudah habis. Jadi saya sarankan agar menggunakan mode ini dalam kondisi laptop dicharger.


4. Legakan Penyimpanan


Jika spesifikasi laptop atau komputer kalian sebenarnya sudah mencukupi untuk bermain PES 2019 dan sudah melakukan cara-cara diatas, namun masih mengalami lag. 

Mungkin ada masalah di penyimpanan atau hardisk yang sesak. Coba cek berapa ruang yang kosong pada masing-masing local disk.

Jika telah melebihi 80% total penyimpanan hardisk perangkat kalian, cobalah untuk menghapus fil-file yang tidak penting atau memenuhi hardisk agar lega untuk bermain game berat seperti PES.

Baca Juga : Cara Menambah Tinggi Badan dengan Cepat dan Tepat (Pengalaman Pribadi)

Baca Juga : Cara Menghapus Background Foto dan Membuat Pas Foto dengan HP

Saya sarankan kalian juga melakukan defrag pada hardisk agar perangkat tetap berjalan normal dan baik. Dengan mendefrag hardisk akan membuat performa perangkat untuk bermain PES2019 lebih optimal.

Kalian bisa mendefrag hardisk dengan menggunakan aplikasi bernama Smart Defrag (software ini akan terinstall, setelah kalian menginstall Advanced System Care). 


5. Set Priority

Kalian juga bisa menyetting priority atau perioritas hardware kalian untuk menjalankan suatu aplikasi. Caranya buka task manager dengan menklik kanan pada taskbar atau dengan menekan Ctrl + Alt + Del seperti pada cara kedua tadi.

Jika sudah muncul task manager klik Details pada bagian atas, cari PES2019.exe, lalu klik kanan pilih set priority, setelah itu pilih High.


klik Details pada bagian atas

klik kanan pada PES2019.exe lalu plih Set Prority, dan pilih High


Dengan begini hardware laptop atau komputer kalian akan lebih maksimal menjalankan PES 2019. Ingat, kalian harus selalu melakukan cara ini sebelum membuka PES2019, karena jika tidak set priority nya akan kembali normal.


6. Update Driver VGA

VGA merupakan salah satu komponen inti pendukung jalannya suatu game. Banyak dari kalian mungkin yang mengeluh mengapa VGA dan berbagai komponen hardware lainnya sudah mendukung namun untuk menjalankan game PES 2019 masih ngelag. 

Driver VGA yang tak uptodate adalah salah satu alasannya. Jika kalian belum tahu, driver VGA adalah software yang menjalankan VGA. 

Percuma jika VGA kalian sudah mumpuni namun kalian masih menggunakan driver yang lawas. Kalian dapat mengupdate driver melalui NVIDIA GeForce Experience, control panel, atau  mencarinya di internet dengan kata kunci VGA yang terdapat pada PC kalian. 

Atau seperti saya menggunakan Driver Booster untuk mendownload dan mengupdate berbagai driver yang dibutuhkan. Aplikasi ini dapat menscan driver yang outodate untuk diupdate dengan yang terbaru.


update driver dengan Driver Booster lebih mudah dan efisien
Kalian bisa mendownload software nya digoogle. Namun terkadang driver VGA kita sudah paling baru, tetapi untuk menjalankan PES 2019 masih terasa lag. Mungkin kalian perlu mencoba satu per satu driver dibawahnya hingga ada yang cocok dengan laptop atau komputer yang kalian miliki.


7. Update Software Pendukung



Selain driver, ada beberapa software pendukung lainnya yang harus kalian perbarui untuk dapat menjalankan PES 2019 dengan baik. Software tersebut seperti DirectX, Net Framework, dll. Kalian dapat mencari software yang terbaru digoogle. 

Namun seperti yang saya katakan sebelumnya. Terkadang kita sudah menggunakan software yang paling baru namun masih bermasalah. 

Sehingga kita perlu untuk mencoba satu per satu software sebelumnya (bukan yang terbaru) yang paling cocok dengan laptop atau komputer yang kita miliki.


8. Install Ulang PES atau Patch



Kita juga perlu mencoba menginstall ulang PES atau Patch yang sudah terinstall sebelumnya. Karena mungkin ada masalah pada patch yang kita install. Saya sendiri menggunakan PTE Patch 3.0.

Selain itu jaganlah menggunakan mod yang sekiranya memberatkan atau janganlah menggunakan terlalu banyak mod. Misalnya mod-mod seperti Turf HD , EvoSwitcher , Stadium Packs , atau bahkan Facepacks , Bootpacks , dan sejenisnya, itu dapat membuat PES 2019 lebih berat.

Sebaiknya uninstall saja mod-mod yang memberatkan tersebut. Karena dengan kita memasang mod maka penggunaan RAM yang digunakan untuk menjalankan PES 2019 akan semakin banyak.


9. Setting Resolution, FPS dan Render


Jika spesifikasi laptop atau komputer yang kalian gunakan pas-pasan atau bahkan sebenarnya mumpuni namun masih terasa lag untuk memainkan PES 2019. Maka kalian harus mengubah settingan Resolution (Resolusi), FPS (Fram Rate per Second) dan Render Settings pada game.

Kalian harus menyetting resolusi pada settingan PES dengan mengubahnya ke resolusi (1280x720) 16:9, lalu FPS, dengan mengubahnya ke 30FPS pada Gampelay dan Replay, lalu pada Render Settings Ubahlah settingannya menjadi Low


setting Resolution dan FPS pada settings.exe PES2019 seperti ini
sebelum match pilih SYSTEM SETTINGS
kemudian pilih Render Settings
setelah itu aturlah seperti ini

Saya tidak menggunakan preset Low karena pada Settingan Low saya merasa grafiknya kurang sedap dilihat, kalian dapat mengubah option Effects ( Ini untuk memunculkan efek seperti lampu, partikel rumput, embun yang keluar dari mulut pemain, dll ) dan Turf (lapangan) ke HIGH agar lebih enak dilihat. Namun jangan mengubahnya jika terasa lag saat dimainkan.

Saya juga menyarankan untuk bermain dengan menggunakan layar external agar gambar yang terlihat lebih baik meskipun disett low. Saya sendiri menggunakan layar led tv 32 inch.

10. INI YANG PALING PENTING

Ya cara yang kesepuluh ini merupakan yang paling penting dan menurut saya paling berpengaruh untuk menghilangkan lag pada saat bermain game PES 2019. Caranya adalah dengan menyetting 3D settings pada Nvidia Control Panel.

Caranya pertama klik kanan pada dekstop, lalu pilih Nvidia Control Panel, lalu pada bagian Adjust image setting with preview pilih use my prefence emphasizing, lalu geser kiri ke Performace, setelah itu pilih apply pada bagian bawah.


klik kanan pada dekstop untuk membuka NVIDIA Control Panel


pada bagian 3D Settings pilih Adjust image with preview lalu pilih Use my prefence emphasizing, kemudian geser ke kiri seperti pada gambar


Selanjutnya pada bagian kiri pilih Manage 3D settings, pada Global Settings bagian nomor 1  pilih Use global settings (High-performance NVIDIA processor), lalu pada Progam Settings nomor 1 klik dan pilih apikasi PES 2019, kemudian klik add.

pilih High-Performance NVIDIA Processor pada Global Settings

pada Progam Settings pilih aplikasi PES 2019 , lalu klik add

Dengan cara diatas dapat memaksimalkan graphic performance pada VGA NVIDIA kalian untuk meendapatkan FPS yang tinggi dengan mengurangi performa grafik (grafik pada game akan menurun) sehingga lag pun hilang.

Cara ini memang diperuntukkan untuk pengguna VGA Nvidia. Namun untuk pengguna AMD mungkin kalian dapat mencoba-coba atau mencari sendiri settingan yang sama persis untuk mengubah settingan graphic ke mode performance.

Baca Juga : Kisah Hero Mobile Legends: Saber dan Alpha

Itulah Sepuluh Cara Ampuh Mengatasi PES 2019 yang Lag. Seperti yang saya katakan tadi bahwa kesepuluh cara tersebut sudah saya praktekkan dan 100% berhasil pada beberapa laptop dengan spek kentang yang saya gunakan dari seri PES 2013.

Jika spesifikasi PC atau laptop kalian diatas yang saya miliki, seharusnya cara ini berhasil. Dan sebenarnya masih ada satu cara lagi yang juga sangat manjur, namun tak saya rekomendasikan karena cara ini menghilangkan estetika dari sepakbola itu sendiri.

Ya cara itu adalah dengan menggunakan crowddisabler (menghilangkan penonton). Memang cara ini akan sangat berefek dan dapat menghilangkan lag.

Tetapi seperti saya katakan sebelumnya bahwa ini akan menghilangkan estetika dari sepakbola itu sendiri (masa main sepakbola gak ada penontonnya, kan gimana gitu yaa hehe). Untuk menghilangkan penonton tersebut silahkan jika kalian berminat cari saja digoogle, cara ini sudah mainstream dan sudah bertebaran tutorialnya.

*Tambahan : Pilihlah stadium yang sekiranya tidak berat atau tidak banyak menggunakan aplikasi, seperti animasi outdoor, sky, dan lain sebagainnya. Karena akan mengurangi fps dan loading sebelum ke pertandingan akan lebih lama. Saya sendiri lebih sering menggunakan Saitama Stadium karena saya rasa lebih ringan.

Sekian semoga artikel ini bermanfaat dan 100% work, sehingga lag saat memainkan game PES pun teratasi. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar atau kalian dapat menghubungi admin melalui email.

UPDATE!!!
Ternyata ada faktor lain yang membuat PES 2019 masih lag, yaitu CRACK. Jadi, jika kalian masih menggunakan crack versi lawas silahkan untuk di-update dengan cara men-download-nya di google, bisa dari web ketubanjiwa, dll. Saya sarankan untuk menggunakan CRACK dengan versi 1.04 ke atas.


Berikut versi videonya :

Load disqus comments

0 komentar