Rabu, 16 September 2020

Cara Mengubah File Word Menjadi PDF Tanpa Aplikasi

Cara Mengubah File Word Menjadi PDF Tanpa AplikasiKetika berurusan dengan tugas atau dokumen digital, baik pada saat menempuh pendidikan maupun dalam dunia kerja. Kita biasanya menggunakan dua format dokumen yang paling populer, yaitu file berformat DOC dan PDF. DOC sendiri merupakan singkatan dari DOCUMENT, sedangkan PDF adalah singkatan dari Portable Document Format.

Biasanya kita lebih sering membuat dokumen pada MS WORD atau dalam bentuk DOC. Namun, tidak jarang guru atau instansi meminta kita untuk mengirimkannya dalam bentuk PDF. Selain itu, jika kita hendak menjadikannya ebook atau mungkin jurnal, kita harus mengonversikannya terlebih dahulu ke dalam bentuk PDF agar dapat diunduh pembaca.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengubah file berformat DOC ke PDF begitu juga sebaliknya. Bagi pengguna MS Word 2010 keatas tentu akan mudah mengonversikannya karena sudah tersedia fitur untuk melakukannya. Namun, Pengguna MS Word versi lawas misalnya user MS Word 2007 tentu banyak yang kebingunan untuk mengatasinya.

Oleh karena itu, kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Mengubah File Word Menjadi PDF. Berikut tutorialnya.

Baca Juga : Cara Menggabungkan dan Memisahkan File PDF Tanpa Aplikasi 

1. Buka laman ilovepdf.com

2. Pilih fitur WORD TO PDF (Untuk mengubah WORD menjadi PDF) atau pilih PDF TO WORD (Untuk Mengubah PDF menjadi WORD)

3. Pilih SELECT WORD FILES

4. Kemudian pilih filenya dan klik OPEN

4. Setelah itu, klik CONVERT TO PDF untuk memulai konversi

5. Lalu file akan ter-download secara otomatis, jika belum klik saja pada bagian DOWNLOAD PDF

 

Untuk mengubah file PDF menjadi WORD caranya hampir sama, tetapi yang membedakan yaitu saat di laman utama ilovepdf.com pilih fitur PDF TO WORD lalu lakukan seperti cara diatas.

Baca Juga : Cara Mengedit Isi File PDF Tanpa Aplikasi

Itulah tutorial Cara Mengubah File Word Menjadi PDF Tanpa Aplikasi. Ternyata caranya sangat mudah bukan ? Dengan hanya memanfaatkan situs ilovepdf.com, pengonversian file Word menjadi PDF begitu juga sebaliknya dapat terselesaikan dengan mudah dan tanpa perlu mengunduh software tambahan. Semoga bermanfaat.

Berikut tutorial versi videonya : 

Load disqus comments

0 komentar