Rabu, 16 September 2020

Cara Menggabungkan dan Memisahkan File PDF Tanpa Aplikasi

Cara Menggabungkan dan Memisahkan File PDF Tanpa Aplikasi - Portabe Document Format atau biasa disebut PDF adalah salah satu format dokumen yang banyak digunakan saat ini, baik dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja.  Banyak ebook ataupun dokumen digital yang menggunakan format PDF.

Namun, salah satu kekurangan format dokumen ini yaitu kurang fleksibel untuk disunting, tidak seperti format DOC pada word yang sangat mudah dan fleksibel untuk diedit. Untuk sekadar menggabungkan dan memisahkan per halamannya saja kita memerlukan software tambahan.

Dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan urusan berkas digital, tak jarang kita dimintai untuk menggabungkan file berformat PDF ini. Akan tetapi, masih banyak orang yang kesulitan dan tidak tahu caranya. Tujuan penggabungan ataupun pemisahan file ini umumnya untuk memudahkan dalam pengiriman dan pengecekan berkas untuk urusan registrasi seperti pendaftaran sekolah atau bahkan pengerjaan skripsi yang biasanya digarap terpisah per babnya.

Oleh karena itu, untuk memudahkan urusan-urusan tersebut, kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Menggabungkan dan Memisahkan File PDF Tanpa Aplikasi. Berikut langkah-langkahnhya.

 Baca Juga : Cara Mengubah File Word Menjadi PDF Tanpa Aplikasi

*Untuk MENGGABUNGKAN

1. Buka laman ilovepdf.com, lalu pilih MERGE PDF untuk menggabungkan PDF

2. Pilih SELECT PDF FILES

3. Lalu pilih dua atau lebih file yang akan digabungkan dan klik OPEN

4. Setelah itu, klik MERGE PDF untuk memulai proses penggabungan file

5. Jika sudah, file akan otomatis ter-download. Jika belum ter-download, klik pada DOWNLOAD MERGED FILES


  

*Untuk MEMISAHKAN

1. Buka laman ilovepdf.com, lalu pilih SPLIT PDF untuk memisahkan PDF

2. Pilih SELECT PDF FILE

3. Lalu pilih dua atau lebih file yang akan dipisahkan dan klik OPEN

4. Pilih EXTRACT FILES, lalu klik SPLIT PDF


5. Jika sudah, file akan otomatis ter-download. Jika belum ter-download, klik pada DOWNLOAD SPLIT PDF

Baca Juga : Cara Mengedit Isi File PDF Tanpa Aplikasi

Itulah tutorial Cara Menggabungkan dan Memisahkan File PDF Tanpa Aplikasi. Meskipun terkesan sepele, tetapi penggabungan dan pemisahan file berformat PDF sebenarnya sangat penting bukan ? Dengan memanfaatkan fitur dari laman ilovepdf.com masalah ini dapat terselesaikan dengan mudah dan tanpa perlu mengunduh software tambahan. Semoga bermanfaat.

Berikut tutorial versi video :

Load disqus comments

0 komentar