Sabtu, 03 Oktober 2020

Cara Menyingkat dan Mengedit Link URL dengan Mudah

Cara Menyingkat dan Mengedit Link URL dengan Mudah - Pada era digital seperti saat ini, terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 yang sedang melanda, sangat banyak hal yang sebelumnya dilakukan luring berubah menjadi daring sehingga banyak hal yang harus dilakukan dengan menggunakan internet. Penggunaan internet sendiri pasti tak lepas dengan yang namanya link URL.

Lebih jelasnya, menurut Wikipedia, URL adalah Uniform Resource Locator dimana hal ini merujuk pada karakter tertentu, biasanya berupa angka, huruf, dan simbol, yang menuju ke alamat di world wide web (www). URL ini berfungsi membawa Anda ke sebuah website spesifik yang ingin dituju. Biasanya, Anda akan diminta mengetikkan alamat ini di bagian address bar yang ada di browser.

Untuk menuju laman utama suatu web biasanya link URL masih mudah diingat dan tidak belibet. Namun, untuk menuju laman yang lebih spesifik, biasanya link URL akan cukup panjang. Link URL yang cukup panjang tentu akan terkesan kurang rapi & kurang profesional.

Biasanya para 'pekerja internet' seperti content creator, online shop, hingga blogger akan mencantumkan link website-nya pada bio instagram. Akan tetapi, jika link yang dicantumkan masih ‘mentah’ tentu akan cukup panjang, kurang enak dipandang, dan terkesan kurang profesional.

Untuk mengatasi URL dan link yang panjang tersebut kita harus menyingkatnya. Selain itu, link tersebut juga dapat kita ubah sesuai dengan kebutuhan sehingga mudah untuk dibaca dan diingat.  Misalnya :

https://www.elalbar31.com/2019/02/cara-menambah-tinggi-badan-dengan-cepat.html

Tentu link tersebut masih sangat panjang dan kurang rapi jika dicantumkan pada bio Instagram. Jika telah disingkat dan di-customize bisa menjadi seperti ini :

http://gg.gg/tambahtinggibadan

Untuk menyingkatnya, kita dapat menggunakan website gg.gg. Sebenarnya masih banyak website lain yang juga dapat digunakan, tetapi website gg.gg inilah yang paling mudah dan praktis. Berikut cara-caranya :

Baca Juga : Cara Mengubah File Word Menjadi PDF Tanpa Aplikasi

1. Buka situs gg.gg, kemudian masukan link URL kalian pada kolom yang telah disediakan

2. Centang pada bagian CUSTOMIZE LINK untuk mengedit URL sesuai keiinginan

3. Isi sesuai keinginan

4. Setelah itu, klik SHORTEN LINK

5. Link URL baru siap digunakan

Baca Juga : Cara Menggabungkan dan Memisahkan File PDF Tanpa Aplikasi

Setelah selesai, jangan lupa untuk mencoba link URL yang baru apakah benar sudah bisa digunakan atau belum. Perlu kalian ketahui juga, penyingkatan link URLini cukup banyak manfaatnya, yaitu :

1. Meminimalisasi link yang salah karena salah penulisan

2. Menyederhanakan link sehingga tampak lebih rapi dan profesional

3. Bagi yang mencari penghasilan tambahan seperti link afiliasi, shorten URL biasanya dimanfaatkan untuk menyembunyikan link asli dari tautan afiliasi yang sedang dipromosikan

Itulah tutorial Cara Menyingkat dan Mengedit Link URL dengan Mudah. Semoga Bermanfaat.

Berikut tutorial versi videonya :

Load disqus comments

0 komentar