Minggu, 23 Desember 2018

Alasan Adanya Tonjolan pada Huruf F dan J di Keyboard


Jika kita menggunakan komputer atau laptop pastinya kita akan menggunakan alat input yang dinamakan keyboard. Keyboard atau papan ketik digunakan untuk memasukkan huruf, angka dan simbol komputer lainnya.

Namun apakah kalian pernah memperhatikan keyboard pada komputer kalian ? Apakah kalian menemukan sesuatu yang membuat kalian bertanya-tanya ? Jika belum, coba perhatikanlah tombol-tombol pada keyboard komputer kalian.

Ternyata ada sebuah tonjolan pada tombol keyboard huruf dan J.  Mungkin selama ini kalian tak pernah memperhatikannya dan setelah mengetahui  terdapat  tonjolan pada tombol keyboard tersebut, kalian pasti ingin mengetahui pula apa fungsi dari tonjolan tersebut bukan ? Maka dari itu kali ini saya akan menjelaskannya dalam artikel ini.


Sejarah

Tahukah kalian, ternyata tonjolan tersebut memang didesain secara sengaja dan memiliki fungsi. Frank Edward McGurrin lah yang telah mencetuskan penggunaan tonjolan tersebut pada ratusan tahun silam, tepatnya pada tahun 1888. 

Tahukah kalian apa kegunaan dari tonjolan tersebut ? Berikut ini hal yang dilakukan oleh Frank Edward McGurrin dengan tonjolan pada kedua tombol huruf tersebut.

Frank Edward McGurrin menggunakan tonjolan tersebut untuk memudahkan proses pengetikan tanpa harus melihat ke arah masing-masing tombol yang berada di keyboard. 

Dengan cara meletakkan ke dua jari tengah di dua tombol tersebut secara searah, maka dengan mudah ia akan bisa mengarahkan jari-jari yang lain ke tombol yang lainnya dengan mudah.


Fungsi

Arahnya pun akan lebih mudah dihafal, terlebih lagi jika sudah menjadi terbiasa. Dengan kata lain, penggunaan tonjolan pada tombol F dan J tersebut sangat membantu mereka yang bisa mengetik dengan 10 jari sehingga lebih efisien sekaligus arah-arah jarinya akan lebih mudah dihafal dan diarahkan untuk menekan tombol keyboard yang diinginkan.

Bukan hanya pada tombol huruf yang ada disekitar tonjolan tersebut, kedua tonjolan tersebut juga mempermudah jari kita untuk mengenali letak tanda baca dalam tombol keyboard. 

Benar-benar akan membantu kita yang memiliki kemampuan mengetik 10 jari, sekaligus juga mempermudah bagi kita yang ingin belajar mengetik dengan 10 jari atau yang lebih sering dikenal dengan istilah touch typing. Tonjolan kecil tersebut  ternyata memiliki fungsi yang luar biasa jika kita bisa memanfaatkannya.

Singkatnya, pada keyboard standar dideretan bagian tengah  terdapat deretan huruf ASDFGHJKL. Huruf F  ini merupakan tempat meletakan telunjuk tangan kiri diikuti jari tengah di huruf D, jari manis di huruf S, dan jari kelingking di huruf A.

Sementara itu, untuk posisi jari tangan kanan, Kalian bisa meletakan telunjuk di huruf J, diikuti dengan jari tengah di huruf K, Jari manis di huruf L dan kelingking kanan di tanda ';' .

Dengan demikian, para touch typer dapat merasakan apakah jarinya diletakkan pada tombol  yang tepat ketika mengetik meskipun tanpa harus melihat keyboard secara langsung.


Dipatenkan

Begitu besarnya manfaat tonjolan pada huruf F dan J yang terdapat pada keyboard tersebut hingga akhirnya secara resmi June E. Botich asal Naples, Florida pada tahun 2002 silam  mematenkan penggunaan tonjolan tersebut.


Demikian penjelasan dari fungsi tonjolan huruf F dan J pada keyboard. Tonjolan yang mungkin sebelumnya kalian anggap remeh atau bahkan tak kalian mengerti sama sekali tersebut ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Terlebih bagi kita yang bisa mengetik dengan sepuluh jari atau tanpa melihat keyboard.


Baca Juga : Alasan Mengapa Susunan Keyboard Tak Berurutan
Load disqus comments

0 komentar