Rabu, 26 Desember 2018

Inilah 5 Teknologi yang akan Tren pada 2019


Teknologi merupakan suatu topik yang selalu menarik untuk dibahas karena selalu berkembang dan dapat menimbulkan rasa ke-ingin tahuan yang tinggi. Untuk itu kali ini saya akan membahas apasaja sekiranya tren teknologi yang akan muncul pada tahun 2019 mendatang.

Teknologi sendiri akan terus berkembang pesat seiiring perkembangan manusia itu sendiri. Dan tren teknologi yang terus berkembang tersebut pasti selalu berubah-ubah setiap tahunnya. Berikut 5 Teknologi yang diprekdisi akan tren pada tahun 2019 mendatang :
1. Kecerdasan Buatan


Kecerdesan buatan atau Artifical Intelligence (AI) merupakan kecerdasan yang dibuat manusia untuk ditanamkan pada suatu sistem seperti robot agar sistem tersebut dapat bekerja atau bereaksi sesuai AI yang dibuat.

AI atau Artifical Intelligence ini akan semakin marak pada tahun 2019. Seperti yang kita ketahui saat ini sudah banyak AI yang dapat membantu pekerjaan manusia. Tak usah jauh-jauh mengambil contoh, sistem AI yang telah banyak beredar saat ini yaitu Google Home.

Google Home adalah sebuah speaker yang dapat diajak berinteraksi dan membantu pekerjaan ringan manusia dirumah, seperti menyalakan lampu, menyetel musik, dan lain sebagainya. Sebenarnya masih banyak AI yang lain seperti robot menyerupai manusia yang bernama Shopia yang juga dapat diajak berkomunikasi, namun AI tersebut belum sempurna atau masih dalam tahap pengembangan.

Maraknya penggunaan AI yang dapat membantu berbagai pekerjaan manusia tersebut kemungkinan besar akan menggeser peran manusia dalam beberapa sektor pekerjaan. Hal ini pastinya dapat mengurangi lapangan pekerjaan bagi manusia.

Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus bersiap diri dan meningkatkan skill agar kelak kita dapat bekerja dibidang yang sulit digantikan oleh robot.


2. Jaringan 5G


Jaringan internet 5G sebenarnya telah lama dikembangkan dalam beberapa tahun belakangan. Namun untuk tahun 2019 jaringan 5G akan siap digunakan dibeberapa kota besar di negara belahan dunia. Tetapi jaringan 5G baru akan banyak digunakan dalam beberapa tahun kedepan, menyusul dengan beberapa pengembangan.

Teknologi 5G ini akan mempercepat laju perekonomian karena dalam tahun ini saja sudah sangat banyak transaksi ekonomi yang dilakukan secara online. Untuk di Indonesia sendiri mungkin teknologi ini baru akan berkembang pada tahun 2020-an.


3. Blockchain


Sebagian besar bidang cryptocurrency seperti Bitcoin mengandalkan bentuk database dengan keunggulan mampu melacak transaksi dengan volume yang besar dan aman. Teknologi yang digunakan banyak mata uang digital tersebut adalah Blockchain.

Teknologi Blockchain terdiri dari blok yang menampung transaksi, di mana masing-masing blok saling terkait melalui kriptografi, sehingga membentuk suatu jaringan.Meskipun kebanyakan orang berpikir Blockchain selalu berkaitan dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, namun blockchain juga menawarkan keamanan yang berguna dalam banyak hal lainnya.

Keamanan yang ditawarkan oleh blockchain terbilang cukup tinggi. Hal tersebut mengapa blockchain digunakan untuk cryptocurrency dimana data harus dijaga dengan aman, dan mengapa blockchain dapat memainkan peran penting dalam melindungi data informasi seperti beberapa data pribadi.


4. Cyber Security


Cyber Security diperkirakan juga menjadi tren pada tahun 2019 mendatang. Cyber Security sendiri merupakan penjagaan sistem online atau siber pada suatu data di internet. Bayangkan jika suatu perusahaan startup online tak dilengkapi dengan cyber security, maka kemungkinan besar data perusahaan tersebut sangat mudah untuk diretas.

Untuk itu, mungkin pada tahun 2019 akan cukup banyak dibutuhkan orang yang ahli IT dalam bidang cyber security ini. Karena pada tahun 2018 ini juga telah banyak berkembang bisnis startup, yang pastinya juga membutuhkan seorang ahli siber untuk pengamanan data.


5.Virtual Reality dan Augmented Reality


Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang dapat membuat pengguna berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, sementara Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda tersebut dalam waktu yang nyata.

Meskipun sejauh ini VR telah cukup banyak digunakan, terutama pada industri gaming, namun VR telah digunakan juga untuk berbagai pelatihan. Pelatihan tersebut meliputi VirtualShip, simulation software used yang digunakan untuk melatih kapten Angkatan Laut AS, Angkatan Darat dan Coast Guard ship captains
.
Sedangkan untuk Pokemon Go yang pernah populer belakangan ini adalah salah satu contoh dari teknologi AR. VR maupun AR memiliki potensi besar dalam segi pelatihan, hiburan, pendidikan, dan hal-hal lainnya. Ada beberapa pemimpin pasar VR yang diketahui saat ini, seperti Google, Samsung, dan Oculus.

VR dan AR kemungkinan besar akan terus dikembangkan dalam berbagai bidang tersebut untuk menunjang kegiatan manusia dan pada tahun 2019 diperkirakan akan semakin banyak terobosan-terobosan teknologi yang menggunakan VR dan AR.


Itulah Lima Teknologi yang akan Tren pada 2019. Kelima teknologi tersebut sebenarnya memang sudah ada dan beberapa telah digunakan di tahun 2018 ini. Namun teknologi-teknologi tersebut beberapa  diantaranya masih belum sempurna, sehingga diperkirakan baru akan trending pada tahun 2019 mendatang.
Load disqus comments

0 komentar