Jumat, 28 Desember 2018

Inilah 25 Password Pasaran yang Mudah Diretas


Pada masa modern ini kita pasti memiliki akun email yang juga digunakan untuk mendaftar dan berselancar di internet. Pada akun tersebut pastinya kita harus memiliki sebuah password atau kata kunci untuk masuk ke akun tersebut.

Password merupakan komponen yang sangat penting dalam dunia maya, terutama bagi generasi milenial seperti kita saat ini. Password merupakan hal yang sangat rahasia dan sebaiknya hanya kita yang mengetahuinya, atau mungkin orang terdekat kita.

Keamanan suatu akun berada pada password akun tersebut. Jika password suatu akun bocor, maka akun itu dapat dengan mudah diretas dan disalah gunakan oleh orang tak bertangung jawab. Bahkan data pribadi rahasia kita akan dapat dengan mudah diketahui oleh si peretas.

Meskipun password merupakan suatu hal yang sangat penting dan rahasia, namun faktanya banyak pengguna internet yang memiliki password yang mirip bahkan ada jutaan password yang sama. Perusahaan penyedia password Dashlane dengan bantuan Virginia Tech melakukan penelitian dan mengungkapkan ada lebih dari 61juta password yang mudah diretas.

Pihak peneliti tersebut mengungkap bahwa password yang mudah diretas adalah password yang terdiri dari susunan huruf alfabetikal dengan gabungan angka berurutan. "Sulit bagi manusia untuk bisa menghafal password yang susunannya kompleks. Maka itu, mereka lebih memilih password yang tersusun secara mudah. Padahal, ini berbahaya," ujar Gang Wang, peneliti dari Virginia Tech.

"Jika sudah demikian, password yang mudah itu akan mudah ditemukan dengan cepat oleh hacker. Mereka akan memanfaatkan celah ini sebagai alat untuk meretas akun pemiliknya," tambahnya menjelaskan.
Berikut 25 list password yang mudah diretas :

  1. 123456
  2. password
  3. 123456789
  4. 12345678
  5. 12345
  6. 111111
  7. 1234567
  8. sunshine
  9. qwerty
  10. iloveyou
  11. princess
  12. admin
  13. welcome
  14. 66666
  15. abc123
  16. football
  17. 123123
  18. monkey
  19. 654321
  20. 987654321
  21. iloveyou
  22. ihateyou
  23. dragon
  24. starwars
  25. whatever

Selain list diatas, password yang banyak digunakan dan mudah diretas adalah password yang menggunakan nama orang ditambah angka berurutan, misal "Jack123". Password dengan menggunakan nama tim sepakbola favorit juga mudah diretas, seperti "barcelona" "liverpool". Selain itu, pengguna juga banyak menggunakan nama dengan gabungan tanggal atau tahun lahir, seperti "john1997".

Untuk itu Dashlane pun memberikan tips agar pengguna bisa menciptakan kombinasi password yang rumit tetapi mudah diingat. Berikut tipsnya :

  • Gunakan kombinasi password yang unik untuk setiap akun
  • Ciptakan password minimal delapan karakter
  • Ciptakan password dengan kombinasi huruf case-sensitive, nomor, serta simbol khusus
  • Hindari menggunakan password yang mudah, seperti menggunakan kata tertentu, bahasa slang, nama tempat, nama orang
  • Jangan pernah gunakan koneksi Wi-Fi saat melakukan log in dengan password

Selain tips yang diberikan Dashlane diatas, saya juga akan memberikan tips agar password tidak mudah diretas, dengan menggunakan susunan yang rumit namun tetap mudah diingat.

Berikut tipsnya: 

  • Gunakan kombinasi password dengan menggunakan kata-kata, seperti "Iniakunmilikku88" "Akuadalahorangcerdas99"
  • Gunakan password yang unik dengan menggabungkan beberapa nama benda unik yang sering ada dibenakmu sehingga mudah diingat
  • Jangan menggunakan nama, tanggal lahir, dan nama emailmu
  • Jangan Log in asal diponsel milik orang lain
Nah itulah tadi 25 Password Pasaran yang Mudah Diretas. Setelah mengetahui list diatas beserta tipsnya semoga kalian dapat lebih memperhatikan penggunaan password. Karena seperti yang sudah dijelaskan, password merupakan komponen yang sangat penting dan rahasia. 

Sehingga jangan sampai kita menggunakan kombinasi password yang pasaran dan mudah diretas agar akun dan data pribadi yang kita miliki tetap aman. Maka segeralah ubah passwordmu jika sekiranya masih masuk dalam daftar pasaran diatas. Kita harus berpikir kreatif dan matang agar dapat membuat password yang sulit diretas.
Load disqus comments

0 komentar