Rabu, 13 Februari 2019

Cara Menghitung Berat Badan yang Ideal bagi Pria dan Wanita


Memiliki bentuk tubuh yang ideal tentunya merupakan dambaan bagi setiap orang didunia, baik pria maupun wanita. Karena dengan tubuh yang ideal, diri kita akan terlihat lebih baik dan sehat.

Tak ayal, banyak orang yang berusaha keras untuk mendapatkan berat badan idealnya. Namun banyak juga orang yang tidak tahu cara mengetahui berat badan idealnya. Bagaimana dengan anda ? Nah, maka dari itu kali ini saya akan membagikan bagaimana Cara Menghitung Berat Badan yang Ideal bagi Pria dan Wanita.
Bentuk tubuh yang ideal disini meliputi berat badan dan tinggi badan yang seimbang. Jika kedua hal tersebut seimbang maka seseorang dapat dikatakan memiliki tubuh yang ideal.

Meskipun bentuk tubuh merupakan suatu hal yang dapat dikatakan subyektif. Misalnya ada seseorang yang senang memiliki tubuh kurus, ada yang suka dengan tubuh berotot besar, dan lain sebagainya.

Namun untuk berat badan yang ideal merupakan hal yang objektif. Kita dapat mengetahui apakah berat badan tubuh kita ideal atau tidak dengan menghitungnya menggunakan beberapa cara berikut ini.

1. Menghitung dengan Kalkulator BMI


Apa yang dimaksud BMIBody Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan salah satu cara untuk mencapai kesetimbangan energi. Kesetimbangan energi tersebut dapat dicapai jika makanan yang dikonsumsi dapat menghasilkan energi dalam jumlah yang sama dengan energi yang dikeluarkan. 

BMI dapat ditentukan oleh pengukuran berat dan tinggi badan, dengan rumus sebagai berikut : 

Apa Itu BMI dan BMR?
blog.ruangguru

Setelah menghitung berat badan dan tinggi badan tersebut, kalian dapat mengetahui apakah berat badan dari tubuh kalian ideal atau tidak dengan melihat tabel dibawah ini.
Apa Itu BMI dan BMR?
blog.ruangguru

Setelah melihat tabel diatas, memang idealnya angka BMI dari berat badan dan tinggi badanmu adalah 18.5 hingga 25. Jika angka BMI kalian kurang atau lebih dari itu, maka dapat dikatakan berat badan kalian tidak ideal.

Namun perhitungan dengan kalkulator BMI ini kurang cocok bagi atlet atau olahragawan.  Karena biasanya berat badan mereka kebanyakan berasal dari massa otot, bukun massa lemak. Sehingga bisa saja angka BMI menunjukan angka kegemukan, padahal seharusnya tidak.


2. Menggunakan Rumus Brosca


Kalian juga dapat menghitung berat badan ideal dengan menggunkan Rumus Brosca. Rumus ini ditemukan oleh Pierre Paul Broscca. Rumus ini dibagi menjadi dua untuk pria dan wanita.

Alasan mengapa penghitungan berat badan ideal bagi pria dan wanita bisa berbeda adalah dikarenakan komposisi tubuh pria dan wanita tidak sama, dimana tubuh kaum pria memiliki lebih banyak massa otot sedangkan tubuh kaum wanita memiliki lebih banyak komposisi lemak.

Berikut rumusnya :

Untuk Pria
  • Laki-laki: Berat badan ideal (kg) = {tinggi badan (cm) - 100} - {[tinggi badan (cm) - 100] x 10%}
  • Contoh jika Anda seorang pria dengan tinggi badan 180cm maka berat badan idealnya adalah (180-100) - {(180-100) x 10%} = 80 - 8 = 72kg adalah berat badan ideal anda.


Untuk Wanita
  • Perempuan: Berat badan ideal (kg) = {tinggi badan (cm) - 100} - {[tinggi badan (cm) - 100] x 15%}
  • Contoh jika anda seorang wanita dengan tinggi badan 160cm maka berat badan idealnya adalah (160-100) - {(180-100) x 15%} = 60 - 9 = 51kg adalah berat badan ideal anda.


Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa seseorang yang memiliki berat badan normal belum tentu memiliki berat badan yang ideal. Karena berat badan juga harus seimbang dengan tinggi badan untuk mencapai kata ideal.

Baca Juga : Apa Perbedaan antara Pemikiran Subjektif dan Objektif ?

Itulah Cara Menghitung Berat Badan yang Ideal bagi Pria dan Wanita. Seperti yang sudah dijelaskan diawal, bentuk tubuh merupakan hal yang subyektif atau sesuai penilaian masing-masing pribadi dan berat badan sejatinya merupakan hal yang objektif atau berdasarkan oleh fakta.

Sehingga, jika semisal berat badanmu diatas atau dibawah angka ideal BMI, namun kamu menganggap berat badanmu tersebut sudah baik, berarti kamu menggunakan cara berpikir subyektif.

Sedikit tips, jika kamu ingin menambah berat badanmu, simpelnya jumlah kalori yang masuk ketubuhmu harus selalu lebih banyak dari jumlah kalori yang digunakan oleh tubuh untuk beraktifitas.

Misal tubuhmu idealnya membutuhkan 2000 kalori dalam sehari, berarti idealnya jika kamu ingin menambah berat badan maka jumlah kalori yang masuk harus diatas 2000 atau idealnya 2500 kalori.

Begitu juga sebaliknya jika kamu ingin mengurangi berat badanmu, jumlah kalori yang masuk harus lebih sedikit dari jumlah kalori yang dibutuhkan dalam sehari beraktifitas sesuai dengan kebutuhan kalorimu.

Karena setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda sesuai dengan berat badan, tinggi badan, dan aktifitas yang dilakukannya. Sekian semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu, terutama mengenai Cara Menghitung Berat Badan yang Ideal bagi Pria dan Wanita.
Load disqus comments

0 komentar