Selasa, 18 November 2014

Cara Mengatasi Error Saat Mendownload Di Play Store


Play Store adalah tempat untuk mendownload berbagai aplikasi untuk ponsel Android. Playstore pasti sudah terisntall diseluruh ponsel bersistem operasi android. Hal tersebut tentunya berarti aplikasi Google Play Store sendiri merupakan salah satu aplikasi yang sangat penting bagi pengguna android.

Namun apa jadinya jika Play Store mengalami erorr saat hendak mengunduh ataupun mengupdate aplikasi, dan akibatnya pengguna Android tidak dapat mendownload atau mengupdate aplikasi dengan lancar. Sehingga produktifitas dalam penggunaan aplikasi pun dapat terganggu.

Dan sangat banyak user Android yang bingung bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Meskipun terkadang masalahnya sangat mendasar.

Namun masalah ini pastinya cukup menyusahkan dan mengganggu bagi user android awam. Masalah tersebut terjadi bisa saja disebabkan oleh cache yang menumpuk, kapasitas penyimpanan yang penuh, koneksi internet ataupun masalah sistem lainya.

Nah, untuk mengatasinya kali ini saya akan membagikan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Berikut cara-caranya :

1. Clear Data & Clear Cache Aplikasi Play Store

  Caranya :

- Masuk ke menu "Setting "  >> pilih Application >> pilih Manage Applications lalu pilih all.

- Scroll kebawah lalu cari "Google Play Store"  kemudian pilih clear data.

- Kemudian pilih Clear Cache.


2. Periksa Ketersediaan Space Kosong

   Caranya :

- Masuk ke menu "Setting" >> Pilih "SD Card & Phone Storage"

- Periksa space yang tersedia pada memory internal maupun external, pastikan space yang tersedia lebih besar daripada besar aplikasi yang akan didownload. Karena terkadang space yang diperlukan bisa dua kali lebih besar dari aplikasi yang ingin diunduh ataupun diupdate.


2. Perhatian Koneksi Internet

Koneksi internet tentunya merupakan hal yang sangat penting untuk mengunduh dan mengupdate aplikasi di Play Store. Terkadang error Play Store terjadi karena tidak stabil atau lemotnya koneksi internet pada ponsel kita. Jadi sebelum mendownload aplikasi perhatikanlah koneksi internet kalian.

Aplagi jika kita ingin mengunduh aplikasi yang berkapasitas besar. Kita akan sangat dirugikan bila tiba-tiba terjadi error saat proses download baru setengah jalan atau bahkan diakhir jalan.

Tentunya hal ini sangatlah menjengkelkan. Maka saya ingatkan lagi, jangan lupa mengecek koneksi internet terlebih dahulu sebelum mengunduh aplikasi, terlebih lagi jika aplikasi itu berukuran besar.

Demikian artikel bagaimana Cara Mengatasi Error Saat Mendownload Di Play Store secara mendasar ini. Mungkin masih banyak tips lain yang dapat kalian lakukan. Namun pada artikel ini, saya hanya membagikan tips mengatasinya dengan cara yang paling mendasar saja. Mungkin dilain waktu saya akan membagikan tips-tips lainnya yang lebih spesifik lagi.

Semoga setelah mengikuti cara - cara diatas. Kalian dapat kembali mendownload aplikasi di Play Store dengan normal dan lancar tanpa kendala. Sehingga produktifitas kalian dalam menggunakan aplikasi pun tak terganggu. Sekian semoga bermanfaat.
Load disqus comments

7 komentar