Selasa, 18 November 2014

Cara Mengatasi Baterai Smartphone yang Boros


Smartphone terutama yang menggunakan OS (Operation System) Android merupakan smartphone yang paling banyak digunakan dinegara kita ini. 

Selain cara menggunakannya yang mudah, harganya pun juga terbilang cukup murah. Namun banyak pengguna ponsel Android memiliki salah satu masalah yang sama, yaitu borosnya baterai. 

Borosnya baterai pada smartphone Android disebabkan oleh banyak hal, seperti penggunaan daya OS Android itu sendiri yang memang cukup boros, daya untuk intensitas kecerahan layar, hardware, sosial media, dll.

Baca Juga : SoundHound: Aplikasi Pendeteksi Judul Musik

Intinya penggunaan daya baterai pada sistem Android memang yang paling banyak menyedot kapasitas baterai. Hal itu mungkin karena Android dapat dipergunakan untuk banyak hal, sehingga penggunaan dayanya pun juga harus seimbang.

Dan mungkin hampir semua pengguna smartphone Android memiliki masalah yang sama yaitu borosnya baterai pada smartphone Androidnya.

Ya, masalah ini tentu sangat mengganggu bukan ? Masalah ini disebabkan karena OS Android banyak menyerap kapasitas baterai seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Nah, berikut beberapa cara mengatasi masalah tersebut :

1. Atur Kecerahan / Intensitas Cahaya

Kecerahan/intensitas cahaya merupakan salah satu hal utama penyebab baterai android yang boros. 

Karena kecerahan layar sangat banyak memakan daya baterai. Maka sebaiknya aturlah intensitas cahaya android kalian setidaknya 5% hingga 15% saja agar hemat  daya. 


2. Percepat Screen Timeout

Screen timeout adalah seberapa lama layar ponsel hidup meskipun tanpa ada sentuhan. Hal ini juga akan memakan banyak daya baterai jika screen timeout terlalu lama. Maka saya sarankan screen timeout diatur 2 menit saja. Dan matikan ponsel jika sedang tidak dipergunakan.


3. Matikan Ftur yang sekiranya Tidak Digunakan seperti Bluethooth, GPS, dan Wi-Fi

Fitur-fitur diatas adalah salah satu fitur yang cukup banyak menguras daya baterai. Jadi jika kita tidak sedang menggunakan fitur-fitur tersebut, sebaiknya dinonaktifkan saja agar baterai lebih hemat daya.


4. Jangan Gunakan Vibrasi / Getar

Vibrasi/getaran ponsel android kita juga cukup menguras daya baterai jika vibrasi tersebut sering berbunyi. Maka sebaiknya jika kita tidak memerlukannya, nonatifkan saja fitur vibrasi tersebut.


5. Matikan Fitur Autosycn dan Automatic Update

Fitur ini adalah fitur dari google agar ponsel android kita selalu atau cepat terhubung dan terupdate dengan google, baik itu gmail. playstore, dll. Jadi sebaiknya jika kita sedang ingin lebih menghemat daya baterai maka nonaktifkanlah fitur ini.


6. Jangan Membuka / Menjalankan Aplikasi Terlalu Banyak

Aplikasi merupakan penguras daya baterai paling tinggi selain kecerahan cahaya. Karena aplikasi hampir bisa dibilang menggunakan seluruh komponen hardware apalagi jika bermain game bersamaan dengan aplikasi browsing dan sosial media. Maka sebaiknya jangan membuka banyak aplikasi secara bersamaan.


7. Jangan Menggunakan Widget / Wallpapper Bergerak

Penggunaan widget yang berlebihan dan wallpapper bergerak juga menjadi salah satu penyebab borosnya baterai. Maka kurang - kurangilah penggunaan kedua hal tersebut agar menghemat daya baterai ponsel android kita.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah baterai smarthphone Android yang boros. Namun jika baterai ponsel kalian masih boros, terpaksa kalian harus mengganti baterai ponsel Android kalian dengan baterai yang berkapasitas besar atau double power

Atau saya sarankan untuk saat ini jika kalian ingin membeli ponsel Android baru yang memiliki baterai yang hemat, plihlah ponsel Android yang setidaknya memiliki kapasitas baterai minimal sebesar 3500mAh. 

Sekian artikel yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, jika kalian memiliki tips lainnya silahkan berkomentar. Semoga bermanfaat.
Load disqus comments

10 komentar