Sabtu, 15 September 2018

Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar


Sebagai seorang pelajar tugas utama kita adalah belajar. Karena belajar dapat menambah ilmu pengetahuan, pengalaman, ketrampilan, dan hal baik lainnya. Belajar juga akan menjadikan kita siswa yang cerdas bahkan berprestasi jika kita rajin.

Namun, sebagai manusia apalagi dengan kita yang tidak terbiasa untuk belajar pasti sering timbul rasa malas belajar. Rasa malas tersebut dipicu banyak hal seperti kemauan, rasa ingin tau, tekad, gadget, ataupun hal lainnya.

Rasa malas memang salah satu sifat alami yang ada pada diri manusia, rasa malas ini menjadi masalah dalam kehidupan manusia. Terlebih lagi jika rasa malas belajar itu terjadi pada pelajar, alhasil itu akan sangat mengganggunya dalam mengampu pendidikan.
Lantas hal apasaja yang yang dapat mengatasi rasa malas belajar? Berikut beberapa tips - tipsnya :

1. Mengingat kembali tujuan awal belajar/bersekolah


Kita harus mengingat apa tujuan awal kita belajar/bersekolah itu untuk apa. Ingat investasi yang paling besar dalam hidup manusia adalah belajar. Karena dengan belajar kita akan mendapatkan ilmu yang akan bermanfaat sampai kapanpun.

Maka saat rasa malas itu muncul ingatlah tujuan kita belajar itu untuk meraih kesuksesan di dunia dan akhirat dan juga untuk mewujudkan mimpi - mimpi kita.


2. Ingatlah orangtua kita



Orangtua kita sudah mengeluarkan banyak harta dan kemampuannya untuk kita bersekolah/belajar. Mereka tidak mengenal rasa letih dalam bekerja demi kesuksesan anaknya. Maka dari itu ingatlah perjuangan orangtua kita dikala rasa malas itu datang.


3. Ciptakan ruangan/suasana belajar yang nyaman



Ruangan adalah tempat kita belajar dan suasana merupakan keadaan saat kita belajar. Agar timbul rasa nyaman dan semangat ketika belajar, kita harus menjadikan ruangan belajar yang nyaman dan menyiapkan/mengontrol suasana agar terasa nyaman juga untuk digunakan dalam belajar.


4. Kurangilah penggunaan gadget



Gadget disini berarti alat elektronik seperti handphone, tablet/notebook, MP3 player, dsb. Hal - hal tersebut bisa dibilang merupakan hal utama pemicu rasa malas bagi pelajar zaman sekarang.

Penggunaan gadget yang intens dapat membuat pelajar malas untuk belajar atau membaca buku. Maka sebaiknya kurangilah penggunaan gadget terutama handpone dan hindari bermain game yang menimbulkan rasa adiktif.


5. Motivasilah diri kita sendiri



Motivasi adalah hal yang sangat penting bagi pelajar. Karena dengan motivasi yang tinggi akan menimbulkan kemauan untuk belajar yang tinggi pula. Maka kita harus memotivasi diri kita dengan hal - hal yang positif agar timbul semangat dalam belajar.

Kita dapat memotivasi diri sendiri dengan berkata pada diri sendiri bahwa kita bisa, melihat orang - orang yang sukses dan kesuksesan mereka diraih bukan dengan malas - malasan melainkan dengan kerja keras, dsb.


6. Bergaul dengan orang yang rajin belajar



Pergaulan sangat penting bagi para remaja ataupun pelajar. Karena temanmu merupakan kualitas dirimu, jika kita bergaul dengan orang yang rajin kemungkinan besar kita akan juga rajin dan juga sebaliknya jika kita bergaul dengan orang malas kita akan malas. Maka pintar - pintarlah dalam bergaul untuk mendapatkan kebaikan dan kesuksesan.


7. Ingatlah bahwa diluar sana banyak orang yang ingin bersekolah seperti kita namun mereka tidak mampu



Bersekolah di sekolah formal yang baik adalah impiannya semua orang, namun hal tersebut juga membutuhkan banyak biaya. Diluar sana banyak anak sepantaran kita yang ingin bersekolah seperti kita namun mereka tidak mampu atau terkendala sesuatu. 

Sehingga kita harus bersyukur dapat bersekolah dengan baik. Karena dengan bersyukur dapat mengantisipasi rasa malas belajar.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghemat Uang Saku

Demikianlah Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.Dengan menerapkan hal-hal tersebut semoga dapat mengatasi rasa malas saat belajar. 
Load disqus comments

10 komentar