Selasa, 18 September 2018

Cara Menghilangkan Rasa Badmood dengan Tepat


Suasana hati seseorang memang bisa berubah-ubah sewaktu-waktu. Hal ini mungkin disebabkan oleh berbagai masalah kehidupan, seperti pekerjaan, pendidikan, keluarga, percintaan, ataupun hal lainnya.

Masalah-masalah tersebut berujung pada suasana hati yang tidak enak atau biasa disebut dengan badmood atau juga perasaan suasana hati yang sedang tidak merasa enak atau buruk.

Kita semua mungkin pernah merasakannya. Sehingga kita akan lebih mudah emosi, mudah tersinggung, marah-marah, dan itu semua bahkan tanpa alasan yang jelas. 

Sehingga hal tersebut akan lebih memperparah suasana dan rasa badmood pun bertambah jika tidak segera diatasi dengan tepat.
Rasa badmood memang cukup sulit dihindari dan diatasi. Namun jangan sampai hal tersebut merusak aktifitas keseharianmu, atau bahkan jika rasa badmood itu sudah parah maka bisa menghancurkan harimu bahkan mungkin hidupmu.

Karena pada saat kita badmood, kita akan sangat malas, tidak dapat konsentrasi, berpikiran buruk, dan sehingga kita akan cenderung ngawur dalam mengambil keputusan dan akan berakibat fatal.

Jika rasa badmood itu mucul, kendalikanlah dirimu atau atasi rasa badmood itu dengan hal-hal yang bisa mendatangkan goodmood atau perasaan hati yang bahagia.

Nah, tips dibawah ini dapat membantu kamu untuk mengatasi rasa badmood dan berubah menjadi rasa goodmood, berikut tips-tipsnya :


1. Berpikirlah positif

Perasaan hati yang tidak enak biasanya karena dipengaruhi pikiran kita. Saat badmood biasanya kita akan berpikiran buruk atau negative thinking terhadap suatu hal. 

Jadi sebaiknya kita harus berpikiran positif agar suasana hati kita membaik dan rasa badmood pun akan hilang.


2. Bersyukur

Badmood juga dapat dipicu oleh rasa kurang bersyukur. Rasa kurang bersyukur ini sangat berbahaya jika dibiarkan terus-menerus. Karena hal ini sangat mudah menimbulkan rasa badmood. 

Biasanya kita tidak bersyukur pada apa yang telah kita miliki dan selalu memikirkan atau menginginkan tentang apa yang orang lain miliki. Ingat, diatas langit masih ada langit.

Maka janganlah selalu berpikir atau melihat 'keatas', karena diatas segala sesuatu pasti masih ada yang melebihinya dan itu tidak ada habisnya. 

Jadi sebaiknya kita harus lebih sering untuk melihat 'kebawah'. Dengan melihat apa yang lebih buruk dari kondisi kita maka kita akan sadar dan bersyukur.


3. Mandi dan Makan

Ya, sangat pokok atau mendasar, mandi dan makan. Saat suasana hati kita sedang tak merasa enak, selain disebabkan oleh hal-hal besar yang sudah saya jelaskan tadi, perasaan ini juga dapat disebabkan oleh tubuh kita yang tidak segar atau mungkin kotor dan berkeringat setelah menjalankan aktifitas dan juga kondisi perut yang kosong atau lapar.

Sehingga kedua hal tersebut dapat memicu rasa badmood. Maka mandi dan makan lah jika kita merasa badmood, sehingga rasa badmood itu akan hilang atau berkurang.


4. Tidur

Tidur merupakan aktifitas untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita. Maka tidur adalah hal yang sangat penting dan dapat mempengaruhi susasana hati kita. 

Jadi cobalah tidur saat merasa badmood, karena mungkin tubuh dan pikiran kita hanya sedang lelah. Dan hindarilah bergadang atau tidur larut malam, karena jika jam tidur kita kurang maka kita akan mudah lelah dan mudah terserang badmood.


5. Hindari orang yang menyebalkan

Bertemu atau beraktifitas dengan orang yang menyebalkan jelas dapat menyebabkan rasa badmood. Maka hindarilah orang-orang yang memiliki sifat seperti itu. 

Jika memang kita harus bertemu atau beraktifitas karena suatu urusan dengan orang tersebut, maka sebaiknya kita harus pintar-pintar mengendalikan diri.


6. Tersenyum

Saat sedang merasa badmood, cobalah untuk tersenyum atau bahkan tertawa. Karena dengan tersenyum atau tertawa dapat membuat kita bahagia seketika, karena hormon dopamin yang tubuh kita keluarkan.


7. Berbuat kebaikan

Dengan berbuat kebaikan maka perasaan kita yang tidak enak akan merasa bahagia. Karena dengan berbuat baik dapat membuat kita senang, pikiran tenang, hati pun bahagia. Hal-hal baik yang dapat kita lakukan seperti beribadah, membantu orang lain, dsb.


8. Tulis perasaanmu

Dengan menulis perasaanmu disebuah kertas dapat membantu mengeluarkan uneg-uneg atau hal yang menjanggal dipikiranmu. 

Maka tulislah semua hal menggangu yang ada dibenakmu disebuah kertas sebanyak-banyaknya hingga hal-hal tersebut hilang.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar

Begitulah cara atau tips yang dapat kalian lakukan untuk menghilangkan rasa badmood dengan tepat. Semoga setelah membaca dan mencoba tips-tips diatas rasa badmood tak kembali datang mengganggu kehidupan kalian. Sehingga hidup pun menjadi aman, tentram, damai, dan pastinya bahagia.

Sekian semoga bermanfaat. 
Load disqus comments

12 komentar