Sabtu, 15 September 2018

Cara Ampuh Menghemat Uang Saku


Uang saku terutama uang saku sekolah merupakan uang yang diberikan orangtua kepada kita untuk kegiatan bersekolah. Uang tersebut bisa kita pergunakan untuk membeli makanan, jajanan, kebutuhan sekolah, ataupun hal lainnya.

Sebagai pelajar yang tentunya belum memiliki penghasilan lain kecuali dari orangtua tentu kita hanya bisa mengandalkan uang saku tersebut. Namun pastinya kita sebagai remaja memiliki kebutuhan lain dan kebutuhan tersebut terkadang tidak tercukupi dengan uang yang diberikan orangtua.

Maka kita harus mencari cara lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Cara yang paling mudah ialah dengan menghemat uang saku dan menabung. Berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menghemat pengeluaran uang saku dan menabung :

Baca Juga : Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar


1. Kita harus berjanji pada diri kita sendiri bahwa kita akan berhemat

Yang pertama kita harus berjanji pada diri sendiri bahwa kita akan berhemat. Tanamkan pada diri kita hal tersebut, sehingga kedepannya kita dapat terus berhemat dan terhindar dari perilaku boros. Karena jika hal tersebut sudah tertanam pada diri kita, maka kita akan mudah menjalankannya.


2. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Kita harus dapat membedakan kebutuhan dengan keinginan. Karena kedua hal tersebut merupakan hal yang sangat penting jika kita ingin berhemat.

Kebutuhan adalah suatu hal mendasar atau pokok yang  dibutuhkan dan sifatnya sangat penting, contohnya : Makan 3x sehari, buku, bolpoin, pensil, dll.

Sedangkan keinginan adalah kebutuhan lebih terhadap suatu hal yang dianggap kurang yang sebenarnya tidak harus terpenuhi tetapi jika terpenuhi biasanya akan timbul rasa senang atau kepuasan, contohnya : HP baru, Pakaian baru, tas baru, sepatu baru, dll.

Jika kita dapat membedakan dengan baik kedua hal tersebut maka kedepannya kita akan dengan mudah terhindar dari keinginan - keinginan yang tidak penting.


3. Buatlah target berapa jumlah uang yang akan kita sisihkan untuk ditabung dalam sebulan

Kita sebaiknya membuat target berapa uang saku yang akan kita sisihkan untuk ditabung dalam sebulan. Kita dapat membuatnya dalam bentuk catatan dibuku dengan isi berapa jumlah uang saku kita dan berapa maksimal uang yang kita gunakan per hari. Dengan begini akan mempermudah kita dalam menghemat dan menabung.


4. Jangan membawa semua uang saku yang telah diberikan oleh orang tua

Janganlah membawa semua uang saku yang telah diberikan oleh orang tua. Misalkan kita diberi uang saku per harinya sebesar 15ribu. 

Alangkah baiknya kita hanya membawa seperlunya saja atau seminimal mungkin, misalnya 5ribu dan langsung menabung atau menyimpan sisanya yang sebesar 10ribu dirumah. Dengan begitu kita akan lebih mudah terhindar jika timbul keinginan untuk menggunakan uang saku tersebut.


5. Bawalah bekal ke sekolah

Untuk lebih menghemat uang saku, kita harus membawa bekal kesekolah, baik itu berupa makanan berat, makanan ringan, maupun minuman. Dengan membawa bekal akan mempermudah kita dalam menabung.

Karena kebanyakan uang saku kita pasti digunakan untuk membeli makanan, dengan membawa bekal ke sekolah kita dapat memakan/meminum bekal yang telah kita bawa dari rumah tanpa mengeluarkan uang.


6. Biasakan untuk sarapan

Dengan bersarapan di rumah sebelum bersekolah akan membuat perut kita terisi/kenyang setidaknya hingga sebelum jam makan siang dan hal ini sangat baik bagi tubuh, terutama pelajar seperti kita yang membutuhkan tenaga untuk berkonsentrasi dan belajar di sekolah dan pastinya hal ini akan mendukung kita dalam berhemat dan menabung,

Seperti itulah tips Cara Ampuh Menghemat Uang Saku. Dengan membiasakan menabung dari usia muda akan sangat baik untuk masa depan kita kelak. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat. Jika kalian memiliki tips lain silahkan tulis di kolom komentar yaa hehehe....
Load disqus comments

10 komentar