Jumat, 21 September 2018

SoundHound: Aplikasi Pendeteksi Judul Musik


Saat ini musik bisa dibilang sudah menjadi salah satu bagian dari hidup kita, musik senantiasa dibunyikan dimanapun kita berada, baik dalam perjalanan, bersantai, ditempat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu, banyak berbagai macam jenis musik baru bermunculan.

Namun terkadang ada situasi dimana kita mendengarkan lagu dan lagunya pun enak didengar, sehingga timbulah pertanyaan dalam pikiran kita mengenai apa judul lagunya dan siapa penyanyinya. 

Lalu karena penasaran, kita biasanya langsung mencari tahunya digoogle. Tetapi kita sulit  untuk menemukannya, karena kita bingung kata kunci apa yang harus dimasukan dan terlebih jika lagu yang dicari adalah lagu berbahasa luar negeri. 

Ya, terkadang situasi tersebut memang cukup menyebalkan. Namun seiring berkembangnya teknologi terutama bagi anda pengguna android, kini ada sebuah aplikasi yang dapat mengatasi hal tersebut dengan mudah. Aplikasi itu bernama SoundHound.
SoundHound adalah aplikasi pendeteksi judul musik yang memungkinkan penggunanya untuk mengidentifikasi musik dengan dengungan, siulan, dan musik yang sedang dimainkan.

Setelah mengidentifikasikan lagu, aplikasi ini langsung memberikan kita judul, penyanyi, dan lirik dari lagu tersebut, lalu applikasi ini dapat menyediakan link yang dapat menyambungkan kita ke video lagu tersebut di YouTube, iTunes, nada dering, dan dapat mengakses Pandora Radio, serta memberikan rekomendasi untuk lagu lainnya.

Menurut Wikipedia cara kerja aplikasi Soundhound  secara gamblang adalah sebagai berikut :

1. Pemakai aplikasi Soundhound mengcapture sebagian nada dari suatu lagu ke aplikasi Soundhound.

2. Aplikasi Soundhound akan mengextract data dari suatu lagu ke server.

3. Data dari suatu lagu dicocokkan dengan database lagu yang ada, kemudian diextract lagi untuk mengetahui lagu yang kita kirim via aplikasi Soundhound cocok dengan algoritme lagu yang sesuai.

4. Kemudian dalam database jika telah diketahui suatu kecocokkan lagu maka akan mengirim balik ke pengguna aplikasi, informasi berupa judul lagu, artis, dan tag picture lagu tersebut (Jika ada).

Berikut cara menggunakan aplikasinya :

1. Buka aplikasi SoundHound




Setelah kita membuka aplikasinya, kita langsung berada pada layar utama aplikasi. Tampilannya sangat simpel dan user friendly. 

Kita cukup menekan logo aplikasi SoundHound seperti pada gambar diatas untuk memulai mengidentifikasi lagu yang kita inginkan atau yang sedang diputar.


2. Tunggu proses pengidentifikasian




Pada proses ini kita hanya perlu menunggu server menemukan lagu yang kita inginkan dan ingat, jika proses berlangsung lama ataupun terjadi error.

Maka kita harus memperhatikan koneksi internet dan memperjelas suara lagu yang ingin kita cari agar server dapat membaca lagu tersebut dengan tepat.


3. Lagu berhasil ditemukan



Setelah lagu yang kita cari berhasil ditemukan, selain mendapatkan judul lagu, kita akan mendapatkan informasi lengkap dari lagu tersebut, seperti live lyrics, informasi penyanyi, lagu yang disarankan, video klip, dll.

Itulah aplikasi pendeteksi judul musik yang dapat kalian gunakan pada platform android. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan akan sangat membantu kita dalam mencari lagu yang kita inginkan. 

Bagi kalian para pecinta musik, menurut saya aplikasi ini wajib kalian miliki. Kalian dapat mengunduhnya langsung di Play Store atau (DISINI)
Load disqus comments

4 komentar