Kamis, 20 Desember 2018

Manfaat Minum Teh bagi Kesehatan Tubuh


Teh merupakan salah satu minuman yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.  Baik kalangan menengah keatas maupun menengah kebawah teh merupakan minuman yang bisa dibilang selalu disuguhkan pada suatu acara dan pastinya ada disetiap dapur masyarakat Indonesia. 

Selain itu, teh juga sangat nikmat bila diminum ketika makan, hujan, ataupun saat cuaca sedang panas. Teh merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi kedua setelah air putih. Hal itu tentu karena rasanya yang nikmat dan sangat mudah untuk didapatkan. 

Selain untuk menghilangkan rasa dahaga, teh juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ingin tahu apasaja manfaatnya ? Berikut penjelasannya :
Kandungan teh

Teh memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, teh juga memiliki kafein (namun kafein teh berbeda dengan kafein pada kopi), vitamin A, B kompleks,Mouse & keyboard 80 - 140k
Cooling padC serta E yang baik bagi kesehatan tubuh tentunya.  Selain itu juga terdapat poliflenol pada teh yang terkenal adalah katekin dan flavanol. 

Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh dan juga dapat untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Dan masih ada beberapa kandungan  lain dalam teh yang bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat teh

1. Melancarkan peredaran darah

Teh memiliki zat yang dapat membantu kita untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Zat tersebut adalah vitamin C yang sangat aktif untuk membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Hal ini membantu tubuh untuk bisa terhindar dari berbagai penyakit.


2Menghilangkan pusing kepala

Teh juga banyak digunakan sebagai obat untuk mengobati pusing atau sakit kepala. Kandungan kafein dan air hangat pada teh dapat memberikan rasa rileks. Sehingga membantu dalam masa penyembuhan sakit kepala. Untuk itulah mengapa orang sakit biasanya diberi teh hangat.


3. Meningkatkan energi

Teh juga memiliki kandungan vitamin B kompleks. Zat ini sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Sehingga proses pengolahan dan penghasilan energi dapat berjalan lebih cepat.


4. Kaya akan antioksidan

Teh memang kaya akan antioksidan. Hal ini membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Maka teh sangat cocok bagi kalian yang biasa bekerja di luar ruangan, sebab radikal bebas sangat banyak apalagi saat kita berada di bawah paparan teriknya sinar matahari.


5. Mencegah pertumbuhan kanker

Sel kanker memiliki kemampuan berkembang sangat cepat. Untuk itu jika kita tidak segera menumpasnya, dikhawatirkan sel kanker tersebut akan terus menyebar. 

Untuk membasminya tubuh perlu kandungan antioksidan untuk membantu mencegah dan mematikan perkembangan sel kanker tersebut.

6. Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke

Kandungan polifenol pada teh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan gula darah, hal itu merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung dan stroke. 

Gumpalan darah yang tidak diinginkan terbentuk dari kolesterol, dalam jumlah besar akan menyebabkan serangan jantung dan stroke. Kandungan flavonoid quercetin, kaempferol, dan myricetin pada teh dapat menurunkan tekanan darah dan pengerasan arteri yang berbanding lurus kesehatan jantung.

Minum teh dapat membantu menjaga arteri pada tubuh kita agar bebas dari sumbatan, hal ini juga dapat membantu kita dalam buang air kecil sehingga  lebih teratur. 

Sebuah studi dari Belanda menemukan bahwa orang yang minum 2-3 cangkir teh hitam setiap hari memiliki risiko 70 % lebih rendah terkena serangan jantung fatal daripada orang yang tidak memiliki kebiasaan minum teh.


7. Mencegah dan menghilangkan rasa kantuk

Teh memiliki kandungan kafein yang telah kita ketahui dapat mengurangi rasa kantuk. Meski kandungan kafein dalam teh tak sebanyak yang terdapat pada kopi. Namun jika kita meminum teh dalam porsi yang cukup banyak dapat membuat kita terjaga layaknya meminum kopi.


8. Meningkatkan mood

Sedang merasa stress ? atau sedang tidak mood ? Secangkir teh hitam adalah senjata ampuh yang anda butuhkan. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa teh hitam benar-benar membantu dalam mengurangi kadar hormon stres pada partisipan studi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa enam bulan menkonsumsi teh hitam dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

Baca Juga : SoundHound: Aplikasi Pendeteksi Judul Musik

Demikianlah beberapa manfaat dari minum teh bagi kesehatan tubuh yang telah saya rangkum dari berbagai sumber. Meskipun teh merupakan minuman yang murah dan mudah didapatkan, tapi ternyata jika kita meminumnya pada waktu dan porsi yang tepat akan sangat bermanfat.
Load disqus comments

0 komentar