Minggu, 30 Desember 2018

6 Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya yang Akan di Gantikan Robot di Masa Depan


Berkat perkembangan dan kemajuan teknologi yang begitu pesat, kini kata-kata "robot akan menggantikan manusia" menjadi terdengar lebih realistis.  Tidak hanya dalam pekerjaan ringan saja, namun robot sepertinya akan mampu menggantikan posisi manusia dalam pekerjaan yang bersifat kompleks.

Pekerjaan yang akan digantikan oleh robot umumnya pekerjaan yang memiliki rutinitas yang sama atau dikerjakan secara berulang-ulang dengan repetisi yang sama. Karena robot memang mudah diatur untuk melakukan pekerjaan yang berulang-ulang tersebut.

Dampaknya, diperkirakan akan ada beberapa pekerjaan yang akan digantikan oleh robot pada masa mendatang dan hal ini juga berdampak pada akan hilangnya beberapa jurusan perkuliahan yang menuju ke profesi tersebut.

Jurusan perkuliahan itu seperti Akuntansi, Pariwisata, Paralegal (Hukum), Pustakawan, dan Chef. Kelima jurusan tersebut diprediksi akan digantikan oleh robot atau teknologi dalam beberapa tahun kedepan. Berikut penjelasannya :

Baca Juga : Inilah 5 Teknologi yang Akan Tren pada 2019

1. Akuntansi


Seorang akuntan terutama  dalam bisnis memiliki peran yang paling mendasar yaitu  menyediakan berbagai informasi dan jawaban yang berhubungan dengan segala macam kegiatan keuangan atau perhitungan secara kompleks. Segala data terkait keuangan dan perhitungan akan tercatat dalam sistem akuntansi.

Meskipun menghitung suatu hal yang cukup kompleks, namun karena sistem dasar dari akuntansi adalah perhitunganjadi akan mudah digantikan dengan robot nantinya. Karena rumus perhitungan adalah ilmu yang pasti. 

Sehingga, diperkirakan dalam beberapa tahun kedepan pekerjaan sebagai akuntan akan digantikan oleh robot. Maka seiiring berjalannya waktu jurusan akuntansi juga diperkirakan akan punah. Pekerjaan ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan besar. Dan saat ini saja sudah ada beberapa perusahaan yang menggunakan jasa akuntan online atau melalui sistem web aplikasi.


2. Pariwisata


Pariwisata disini khususnya pekerjaan seperti receptionist hotel dan agen atau penyedia layanan tiket pariwisata. Untuk recepcionist, pekerjaan tersebut diperkirakan dimasa depan akan digantikan oleh robot untuk melayani para tamu, karena memang telah banyak robot yang diciptakan untuk hal itu.

Dan untuk agen pariwisata, sepertinya sudah cukup jelas akan tergantikan oleh robot atau teknologi. Sekarang saja jika kita ingin membeli sebuah tiket pariwisata seperti tiket hotel, pesawat, bahkan paket liburan, saat ini sudah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi atau secara online.


3. Paralegal (Hukum)


Paralegal disini adalah paralegal yang bekerja sebagai asisten pengacara. Di beberapa negara, pekerjaan ini telah ditiadakan karena dianggap illegal. Dan juga karena posisi paralegal masih bisa digantikan oleh komputer nantinya. Para pengacara akan bekerja lebih efisien dengan bantuan komputer dan teknologi.


4. Pustakawan


Pustakawan adalah seseorang yang bekerja diperpustakaan untuk mengatur koleksi buku, mengatur sistem, dan menunjang jalannya perpustakaan. Dengan berkembangnya teknologi, tugas pustakawan siap digantikan oleh mesin robot.

The Singapore agency for science technology and research telah mengembangkan pustakawan robot yang diberi Sensor laser, sehingga robot bisa digunakan untuk memindai serta membedakan mana buku yang hilang dan akan menggantinya dengan buku lain layaknya seorang pustakawan yang melayani para pengunjung perpustakaan.


5. Chef


Chef atau juru masak adalah seseorang yang bekerja untuk menyiapkan makanan. Chef yang dimaksud disini adalah chef yang bekerja sebagai Expediter / Announcer. Seorang Announcer bertugas sebagai pelaku finishing touch (garnishing) dan juga mengantar makanan ke palanggan.

Meskipun pekerjaan itu memerlukan ketelitian, namun saat ini sudah banyak robot yang dipekerjakan direstoran sebagai garnishing dan juga pengantar makanan. 

Karena jenis pekerjaan seorang chef dibagi menjadi beberapa bagian, jadi bagi kalian yang saat ini atau bercita-cita menjadi chef tak perlu terlalu khawatir pekerjaan ini akan hilang dimasa mendatang. Tetapi kalian harus berusaha lebih keras agar menjadi chef yang hebat. 


6. Farmasi


Farmasi terutama yang berperan dalam peracikan obat dimasa mendatang kemungkinan besar akan digantikan oleh robot. Itu sebabnya lulusan jurusan ini kebutuhannya akan semakin berkurang dan mengakibatkan jurusannya dalam perkuliahan diperkirakan akan punah.

Hal tersebut karena apotek akan menggunakan konsep drive thru sehingga peran apoteker akan digantikan oleh robot dan teknologi yang lebih efisien.

Untuk itu bagi kalian yang ingin kuliah dengan mengambil study farmasi sebaiknya ambilah bidang sejenis namun yang sekiranya akan sulit digantikan oleh robot, seperti keperawatan atau dokter sekalian.

Itulah Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya yang Akan di Gantikan Robot pada Masa Depan. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi bukan untuk mematahkan semangat kalian yang berkerja atau berkuliah dibeberapa bidang tersebut.

Bagi kalian yang sedang berkuliah pada jurusan-jurusan tersebut janganlah menjadi putus semangat karena informasi ini. Karena ini hanya prediksi yang diambil dari berbagai sumber dan pastinya robot tak akan mengambil pekerjaan-pekerjaan tersebut secara mutlak.

Nah, bagi kalian yang baru akan masuk ke jurusan kuliah yang disebutkan diatas alangkah baiknya dipikirkan lebih matang lagi, untuk mengantisipasi masalah-masalah tersebut.
Load disqus comments

0 komentar